2018/03/23

Review Ugly Love by Colleen Hoover

Waktu lagi bosen dan bingung mau ngapa-ngapain gue mencoba install Wattpad di hape. Karena baru belajar nginggris ya wattpadnnya yang nginggris dong. Dan ketemulah gue sama AFTER karya Anna Todd. Gak puas di Wattpad gue langsung beli bukunya. 4 Series langsung gue khatamin dong karena saking excitednya akan hal baru. Hari demi hari *Ceileh* gue malah nyandu sama novel-novel segenre AFTER ini a.k.a Novel Genre Young Adult. Gue cari lah di pencarian novel yang bagus dan *worth* it untuk dibaca. Nah salah satu website buku yang jadi acuan gue adalah Goodread. Disana mah segala macam genre buku ada kakak. Juga kelihatan ratenya jadi bisa dipilih deh mana yang disukai pembaca atau kagak. Kalau gue selain rate gue juga baca review atau komentar-komentar reader lain. Jadi gak nyesek gitu pas beli buku atau baca online.

One day gue ketemu sama buku UGLY LOVE karya Collen Hoover. Pertama gue lihat si covernya lah yaw. Macam novel young adult-kan suka luar biasa gambarnya. Gak Heran kalau novel kontemporer ini banyak yang gak suka *terutama kaum2 nonfairytale*. 

Dari sisi cover Ugly Love biasa aja. Biru berbackground gelembung air kemudain bertuliskan judul buku sama si pengarangnya. Gak sex oriented banget kalau menurut gue. Then masuk ke sinopsis mengisahkan kisah cinta MILES and TATE. Tema Young Adult kan mirip-mirip berkisah bad boy and good girl gitu ya. Di UGLY LOVE pun same bang. Lead malenya borokok dije. Jelek2 gima gitu. cuman ni bedanya si MILES ini bukan bad boy yang banyak tatto, seneng ngesex, gonta ganti perempuan, mabok-mabokan, etc. MILES is the boy who have bad memories. Memory yang made him no love no women  for about 6 years straight loh *setia amir kamu bang*. 

Ketemu cinta pertamanya punya anak langsung gak bisa move on. Sesetia itu loh dia. Sedalam itu loh cintanya sama perempuannnya itu (cinta pertamanya namanya RACHEL). Ya emang si kisahnya si MILES ini takut akan kesedihan dari cinta itu sendiri. Dese beranggapan kalau cinta gak selamanya bikin kita happy. Cinta bakalan buat kita sedih sedalam-dalamnya hingga kita feels nothing. Dan karena itulah dia menolak itu mencinta dan dicinta *haduh abang MILES pingin happy teros macam di surga ya*

Selain dikisahkan setia (IMHO) MILES juga ciamik banget dong. Dese serang pilot dong sodara-sodara (hahaha karena ini gue suka). Pilot berprestasi pula. Akika langung bejinjatan pingin baca dong ah *iye gue agak2 ngidam2 gitu punya suami pilot, berasa keren gitu loh, bhaaaaakk*.Selain itu, *bahasaku formal amat, bhaaak* TATE juga seorang perawat yang keren. Baru kuliah tapi udah punya gelar apa itu gue kagak ngarti 😅. Dan bisa dikatakan TATE is a hard woker sampai gak ada waktu buat pacaran.


Suatu ketika ni takdir *hallah apaan pake takdir* menemukan MILES sama TATE. Bukan tanpa sengaja yang ditabrak mobil and then falling in love in the first sight, gitu ya *apaan emangnya sinetron, 😆 tapi TATE is CORBIN's sister. Lho CORBIN itu siape???????? CORBIN itu one of MILES Best Friend alias BFFnya MILES yang tinggal satu gedung sama MILES dan tetanggaan pula.

Sambil nyari-nyari apartemen TATE numpang dulu di apartemen abangnya si COBRIN ini. Gak yang singkat about week or days tapi emang disengajain berbulan-bulan. Hari pertama pindah *bahkan belum sampai pintu apartemen* TATE bertemu MILES yang sedang mabok berat. Risih dong ya ketemu orang pertama kali dengan kondisi mabok ketiduran pula didepan pintu kamar orang. Awalnya TATE takut, dikiranya orang gak bener tapi setelah nelpon CORBIN dese relieved kalau laki yang mabok depan pintu kamar gak bahaya. Malam pertama MILES ketemu TATE udah kelihatan rapuh banget tu. Karena MILES bilang "I'm So Sorry Rachel". Sampai peluk-peluk TATE segala itu. TATE pun bingung dong ya berasa ketemu puzzle hidup. 😅😅😅. 

One story short, MILES ikutan acara kelurga Thanksgiving nya si COBRIN. Udah mulai ini MILES dan TATE flirting-flirting. Meski gak dalam si paling cuman tatap-tatapan mata doang di kaca depan. Then, In TATE's Home disuatu malam MILES and TATE berduaan di dapur ngobrol tanpa sengaja. Disini TATE udah mulai dag dig dug ser giu deh ketika ngobrol sama MILES. Gak lama mereka malah cipok *biasa deh novel romance Amerika diawali dengan cipok 😅😅*. Chit Chat Chit Chat berdua akhirnya merujuk pada MILES pingin melakukan couple things tapi tanpa ikatan. Also MILES has two rules, Never ask about the past. Don’t expect a future *jahanam ini tapi apa daya hiks*. Gak disangka TATE mau ngelakukan couple things itu. 

Makin jauh mereka kenal TATE beneran suka sama MILES, What MILES ask kalau bisa dijabanin deh selagi TATE bisa. Sampai2 pada saat posisi penting si MILES gak sengaja nyebut RACHEL. Disini gue kira TATE bakal langsung nangis and then close book with MILES tapi malah dese malah lanjut aja loh. Dan karena itu pula banyak yang nganggep novel ini merendahkan perempuan karena begitu bodohnya si TATE mau dijadiin bahan pelampian MILES doang gitu. Tapi disisi lain kalau menurut versi gue si ya gimana ya namanya juga cinta. LOVE Is BLIND gitu loh. Kalau udah cinta harus diperjuangkan sampai titik darah penghabisan ya. *Mungkin begitu kali ya*


Dengan segala kesabaran TATE akhirnya MILES ngaku kalau dese cinta banget sama TATE even masokis bener sebelum bagian Confession. MILES harus berjuang keras dealing with his past about cintanya sama si RACHEL. Waktu TATE said goodbye to him karena TATE udah ketemu apartemen baru yang nyaman MILES masih tetep keras kepala gak mau ngaku kalau dese cinta sejuta kali dunia. Hingga akhirnya  atas saran CAP (lelaki tua yang dulunya bekerja sama keluarga MILES) MILES nemuin RACHEL face to face. Saran CAP sih intinya kalau RACHEL udah bisa moving on ya kenapa kamu enggak. We deserve to be happy dong. Ngapain kita holding our past dan nyalahin diri sendiri. Akhirnya MILES nurutin sarannya CAP dan ketemu sama RACHEL. Gue ngos-ngosan waktu baca bagian ini karena takut kalau RACHEL belum bisa move on atau malah kehiupannya lebih suram dari MILES. Tapi COLLEN knows about reader expectation dong 😅. RACHEL udah dibikin bahagia sama lelaki lain punya anak pula. 

Oke begitulah MILES langsung ngacir ke TATE untuk  say love to her dan ngobrol buuaanyyaakkk hal ke TATE tentang masa lalunya. Dari yang MILES punya anak laki yang diberi nama CLAYTON sampai anak lakinya meninggal hingga dia berusaha gak mau mencintai seseorang lagi karena takut akan sisi kesedihan dari cinta mampir lagi ke kehidupannya. Gue agak kecewa di sini karena bagian chapter akhir berasa kaya maraton. Cepet banget bok. Apalagi epilogenya yang cuman berapa halaman. Berasa masih kelaperan karena klimaksnya begitu menegangkan. 


Over all, gue suka sama kisah cintanya. Terlebih gaya tulisan Collen yang nyandu abis. Jadi kalau gak diselesein bakalan penasaran deh. Really Good JOB for you COLLEN. Juga ni cara dia nulis sudut pandang TATE and MILES. TATE POV's itu dialurkan maju. Eeeee MILES POV's dialurkan mudur six year ago yang dese ketemu RACHEL lah, punya anak lah sampai akhirnya anaknya mennggal. Apalagi waktu adegan panasnya mereka teteba di selingin MILES POV's yang cerita masalulanya. Jadi berasa dikhianit gak si,,,, hahahaha. Awalnya gue pikir kalau MILES selingkuh atu do bad things gitu tapi ternyata........... kagak semakali kakak.

PS : Kalau mau baca novel originalnya bisa di https://novel12.com/254280/ugly-love.htm 
Kalau versi terjemahannya gue gak tahu karena gue gak tertarik untuk tahu ya. Lagipula gue baca novel original juga untuk belajar bahasa Inggris. Biar bisa nambah kosakata.


 

2017/07/19

OFFICIALLY BROKEN UP

After long long long this time..... I was completely tired for what he have done to my self. I need to stay strong and stay consistent for the decision i have made. 

No more lies no more waiting no more wondering how is gonna be with this fuck relationship.

For more than four years i am sick with this situation.

Grow up fela, be strong. Man is not just him. Man is just not like him. A million man in this world will good enough for you.


Keep postive fela!!!!!!!!








2017/06/27

NONTON SKAM (NORWEGIAN TV SERIES)



Hallu... long time no see...... Happy Eid Mubarok 1438 Hijriyah ya tereman tereman. Mohon maaf lahir dan batin. Gue pasti banyak salah ni. Semoga kalian kalian memaafkan gue. Dan sebaliknya kalian juga gue maafin kok ☺.

2017/05/10

7 THINGS WRONG ABOUT ME

Manusia diberikan anugerah untuk berfikir. Secara cerdas ataupun tidak tetap manusia melakukan kerja "fikir". Selain itu, juga ada rasa/ emosi yang dianugerahkan Tuhan sebagai makhluk paling sempurna di bumi. Fikiran manusia itu menurut gue si gak cuman mikirin kerjaan, tugas, or something do posititvely. Banyaaakkkkkkk. Dari mikirin belanja, mikirin makan, mikirin caranya happy, mikirin caranya dapat jodoh *ee keceplosan :)*, dsb dst. Dari sekian banyak fikiran itu salah satunya adalah Thinking about sifat/ perilaku dari seseorang. Ya gampangnya nebak sifat orang gitu lah.


Kadang2 si penebak tebakannya bener kadang sama sekali gak bener. Apalagi kalau nebaknya pakai emosi (sesaat) ya ujung-ujungnya (pasti) salah. Bikin kesel abweeesss!!!!. Meskiipun we all know lah kalau negative thinking/ Suudzon to other people udah ada dari jaman jebot. Tapi kan tetep aja lama-lama bikin eneg iya gak!!!!!

Gue sendiri nanggepin pikiran orang about my self biasanya santai macam di pantai.  Mau difikir apa ya terserah mereka. Wong mereka punya pikiran, mereka juga punya hak untuk berfikir. Tapi terkadang gue juga gedheg. Keheranan juga gitu kok bisa si mereka berfikiran seperti itu tentang gue (?).

Kebetulan beberapa hari lalu gue ketemu orang yang nyablak. Sekali ketemu langsung sok ikrib. Tiba-tiba dese bilang ke gue kalau gue begindang dan begindung. Gue sampai mangap dengerinnya. Ngelus (in) dada juga karena saking shocknya dese berfikir about who i am. Untungnya si dese langsung ngomong ke gue jadi gue bisa mengklarifikasi *hallah*. Nah kalau yang berhati cemen suka di belakang muntah di depan kan nama baik gue bisa tercoreng. 

And then gue jadi berfikir ternyata orang-orang yang tidak mengenal gue (luar dalam) sering keliru nebak sifat gue. Sebagai artis papan terbalik gue mau mengklarifikasi 7 fikiran keliru tentang gue.Check this out!

1.Gak Suka Kerja (Pemalas)
Ini si bisa jadi benar bisa jadi salah. Sahabat gue sering bilang that i am workaholic loh. Dan IMHO gue juga merasa demikian. Moreover about image, responsibility, and money. Kalau gue udah kerja ya gak bisa mikir yang lain. Pacar nge-chat gue ya EGP lha wong hape aja kadang tertinggal di rumah, atau gue lupa naruh. Tapi kan namanya manusia ada sisi jenuhnya ya. Dan kalau gue udah di titik ini biasanya gue mengandalkan the power of "Kepepet". Dikejar deadline itu lebih berasa jantungan gitu loh daripada harus free in the end hehehe *ajaran gak bener*. 
Lain lagi  soal pemalas. Buat gue menjadi malas itu lumrah. Santai2 siapa si yang gak kepingin. Tapi kalau kerlaluan ya bikin senewen juga si.  So far gue itu pemalas dalam bangun pagi. Mau gue ya bangun sesuka hati jam berapapun. Tapi kan kita hidup didunia kasar ya gak mungkin juga seenak jidat kemauan gue terlakasana. Harus ikutin aturan juga kan. Moreover ibuku..... Paling gak waras lihat anaknya ucek-ucek mata siang bolong. Bisa di damprat gue bbookkk!

So, apakah gue termasuk pemalas (?)

2. Gak Suka Beberas Rumah
Kalau yang ini gue mangapin aja!!!! Geleng-geleng banget kan. Nah kalau gue orang kaya gitu gak papa juga gue gak beberes rumah. Lha ini gue orang biasa loh. Pembantu GAK PUNYA. So, who do the clean my house?? Hem... Angin????? Masa iya gue tega let my parents clean our home alone. Amit-amit jabang bayi jadi anak durhaka dong gue *ketok meja*. Asal tahu aja ya ibuku itu one of the dicipline and tiger mother. Bisa-bisa akika dihajar pake kelut kan sama ibu.  Kasih tau aja yes gue tiap hari nyuci baju seisi rumah tiap hari pake tangan (5 orang lho). Kecuali hari Minggu karena gue minta libur digantiin sama adik gue *Ya habwes adik gue udah SMA tapi nyuci bajunya sendiri males-malesan*. Itu aja??? Ya kagak dong ah kalau sore sebelum kerja (lagi) ya ngijah dulu (read: nyapu, ngepel, dsb dst). And many more. Gue pun sama seperti anak-anak lain yang bantu ibunya, beresin rumahnya, masak (sometimes).... Gak serta merta gue ongkang-ongkang kaki macam princess gitu... Hello..... Do nothing itu juga bikin cape kaleee mending do aything malah sekalian olahraga *muka marah ambil sapu*. Tapi bukannya gue mau somse ataupun gimana2 tapi mbok ya jangan aneh-aneh gitu lho pikirannya ke gue. Akika jadi syusah punya pacar kan kalau di gosipin yang kagak kagak mulu *lho malah curhat*

3. Manja Girl
Siapa si yang gak suka di manja? Gak ada kan? Relatif banget deh kalau ini. Manja yang bagaimana, dalam hal apa, sama siapa? Gue aja ni apa-apa suka sendiri. Suka nge-mall sendiri, suka nge game sendiri, belanja sendiri. Apakah itu dibilang manja? Karena IMHO gue (semoga) termasuk Indepedent girl. In fact, gue pualing muales depending on a anyone. Prinsip gue, selagi gue bisa sendiri gue gak mau merepotkan orang lain cause di repotin itu bikin jengkel boook *lirik teman yang suka repotin orang*

4. Jutek, Judes, and Sort of
Is it about my face???Who knows??? Kalau ada orang deketan sama gue tapi guenya sok diam tanpa kata gitu mereka pasti bakal bilang kalau gue jutek, judes, galak, dsb dst. Tapi kalau udah kenal (an) sama gue meraka pasti bakal ber ooooooo ria. Bilang kalau gue ternyata ceria, fun, gak sombong, endesbres endesbra *kibas poni*. But, if it's about my face gue no comment ajah cause it is a gift from God kok. Masa iya mau gue oplas jadi kayak Sinchan. 

5. Penjahat Kaum Adam 
O Em Ji Oh My Dijeeeee... Parah.. Parah...Parah banget *dapat piring*. Ada lho yang berfikiran kalau gue pacarnya banyak!!!! *Are you kidding me????* Salah satunya yang gue ceritain di atas. Bener-bener dah fikiran orang yes gak bisa diterka walaupun suka menerka *haish bahasa gue*. Difikir orang ceria macam gue suka kali ye gonta ganti pasangan. Padahal sekarang gue jomblo!!!! Atau amit-amit jabang bayi *ketok meja* jangan-jangan gara sohib gue (dulunya) punya pacar enem jadi auranya dia nampol di gue *lirik teman yang hobi pacaran* . Ditarik ulur kesimpulan kalau gonta ganti pacar si kagak ya. Hanya saja terkadang gue pacaran sebentar doang. Seminggu aja pernah loh!!! *karena waktu itu gue lagi gak waras*. Gue emang benci dengan kaum adam yang suka ngengkang-ngengkang tapi gue juga syirik sama gaya pacaran yang deketan terus macam dunia serasa milik berdua. Nah,  maybe alasan itulah yang bikin gue (gak) betah pacaran lama. Recently, gue nemu yang klik di hati sampai bertahun-tahun kita pacaran tapi........ beda agama boookkkk. Bikin mupeng mikir gimana kelanjutannnya *sedih*

6. Banyak Selingkuhan
Hampir mirip dengan point 5. "Pacarmu emang satu tapi selingkuhannya bejibun" Oh my dijeeeeee... orang-orang yes kejam bener mikirnya. Masa iya gue punya banyak selingkuhan. Pacar atu aja kagak punya sekarang!! Jangan-jangan muka gue cakep banyak yang naksir kali ya. Jadi mereka pikiranya begitu *benerin rambut*.

7. Perempuan Gak Benar
Judging people itu emang asik bener dan gak bayar yes. Sesukanya aja bilang bla bla bla padahal keyatannya zoonk. Emang gue sering pulang malam, kluyuran di bawah rembulan, hang out bareng teman di sabtu malam, atau waktu kuliah dulu gue sering gak pulang. Tapi gue tetep menjaga diri! Buktinya aja gue gak hamil duluan *ih amit-amit*. Pacar juga jarang banget gue ajak kerumah! Males book di kepoin tetangga. Dan sampai sekarang gue masih virgin yes*penting*. Not sense tapi temen-temen gue yang (katanya) syari malah udah main indehoy bok sama pacarnya *elus dada*. Atau yang katanya alim malah sering pacaran di rumah. Gue si ogah. Pacaran udah main ini dan itu... Jual Mahal aja dong ah!
Fyi aja, zaman kuliah dulu gue gaulnya sama anak-anak lulusan pondok pesantren yang tahu agama tahu ayat-ayat. Emang (penampian) mereka agak-agak sinting tapi so far they know aboout Batas Bergaul, jaga diri dsb dst. Dan gue jadi malah tahu ayat-ayat alquran. Sama mereka gue diajarin jadi wanita soleha modern tapi gak menyimpang dari ajaran agama. Ya... gak bayak yang tahu aja kalau gue self proclaimed feminist.

Masih nganggap gue gak bener?


Itu dulu deh ya ceritanya. Syukur-syukur setelah ini orang-orang pikirannya baik-baik tentang gue. Manis, strong, fun, ceria, baik hati, tidak sombong, rajin menabung, suka menolong,........ Zzzzzzzzzzzzzzzz. Jangan nambah lagi ya negative thinkingnya. Capek boookkk di suudzonin. Amin