2016/01/27

SERBA SERBI SIGUR ROS Bagian II



·         Album pertama mereka dirilis tahun 1997 yang berjudul VON dan tahun 1998 mereka merilis koleksi album remix dengan judul Von brigði. Von berarti “hope” atau harapan sedangkan Von brigði berarti “dissapointment” atau kekecawaan.








COVER ALBUM VON (1997-1999)
·         Dilanjutkan album kedua dirilis pada tahun 1999 dengan judul Ágætis byrjun yang artinya A Good Beginning atau Sebuah Permulaan yang Bagus. Mereka mendapat kritik positif dari pengamat-pengamat musik dunia, menyebutkan bahwa salah satu album bagus sepanjang sejarah. Penampilan dunia mereka awali dengan muncul sebagai band pendukung di konser Radiohead. Kemudian terdengarlah lagu-lagu mereka di seluruh penjuru dunia. Seperti Ágætis byrjun", "Svefn-g-englar", dan "Njósnavélin" (pada saat itu lagu Njósnavélin belum dimasukkan dalam album karena hanya live performance kemudian dirilis dengan nama "Untitled #4" di album selanjutnya) muncul di Cameron Crowe film Vanilla Sky. Juga lagu mereka muncul di Tv Series Amerika dengan judul Queer as Folk, 24 ("Ný batterí"), dan CSI ("Svefn-g-englar"). Tahun 2004, Wes Anderson menggunakan "Starálfur" sebagai soundtrack The Life Aquatic with Steve Zissou  dan memenangkan Emmy-winning 2005 TV film The Girl in the Café. Lagu "Andvari" was digunakan dalam Film "Remember me" yang rilis tahun 2010. Dan masih banyak lagi lagu-lagu di album ini yang dijadikan soundtrack tv series dan film-film dunia.
Dan pada album iniliah Jónsi dikenal dengan gaya cellow’s bow yang memainkan gitar dengan cara digesek. Berawal dari album inilah mereka dikenal diseluruh dunia.









COVER ALBUM ÁGÆTISBYRJUN (1999-2001)

·         Album ketiga mereka dirilis tahun 2001 dengan Judul ( ). Album ini memang tal diberjudul kata-kata bahkan lagu-lagu dalam album inipun tak deberi judul. Lirik yang dipakai dalam album ini seluruhnya menggunakan bahasa volenska atau hopelandic. Mereka mengumamkan bahawa dilabum ini memang sengaja tidak diberi judul karena mereka ingin pendengarnya menginterpretasikan sendiri-sendiri maknanya tanpa terkekang lirik yang dibuat oleh band.
"Untitled 3" (a.k.a. Samskeyti) digunakan pada film 6 A.M yang dibuat oleh Carmen Vidal, “Untitled 3" juga digunakan pada film drama indie Mysterious Skin. Dapat diperdengarkan pada Skins dan CSI: Miami dan the British TV Documentary Protecting Our Children pada seksi of the London 2012 summer Olympics di BBC. "Untitled 4" (a.k.a "Njósnavélin") dipakai dalam scene terkahir film Vanilla Sky yang disutradarai Cameron Crowe. Bahkan Cameron Crowe mengatakan jika dia ingin menonton langsung Sigur Ros manggung di Los Angeles membawakan lagu ini.









                        COVER ALBUM ( ) Tathun 2001-2005

·         Tahun 2005 mereka merilis album keempat dengan judul TAKK yang artinya Thanks atau terimakasih. Album ini terkesan lebih rocky dari album sebelumnya. Lagu "Hoppípolla" digunakan pada trailers BBC's natural history series Planet Earth di 2006, juga sebagai lagu penutup FA Final Cup 2006, ITV's coverage of the 2006 Oxford and Cambridge Boat Race, Iklan BBC England games selama FIFA WORLD CUP 2006, iklan tv  RTÉ's Gaelic games coverage di Irlandia, dan iklan Oxfam. Tak hanya itu lagu ini juga muncul ditrailer scene terkahir film Penelope, trailer film Children of Men dan trailer film Slumdog Millionaire, trailer Disney Movie Earth yang berjudul We Bought a Zoo tahun 2011.
Sigur Rós melakukan tur konser keliling dunia pertama tahun 2006 di Eropa, Amerika Serikat, Selandia Baru, Australia, Hongkong, Kanada, Jepang, dan masih banyak lagi. Tahun 2007 usai tur mereka membuat film dokumenter yang berjudul “Heima” atau “At home” dalam arti bahasa inggrisnya . Film ini menceritakan kesederhanaan musik yang dibawa, keseriusan bermusik mereka yang tidak hanya mengejar komersil ataupun ketenaran belaka. Selain itu film ini juga menggambarkan bagaimana musik mereka diterima di kalangan masyarakat Islandia, kehidupan masyarakat Islandia, alam-alam Islandia, dan bahkan beberapa kritik Sigur Ros tentang kebijakan pemerintah Islandia. Film dokumenter ini mendapatkan kritik positif dari pengamat film dunia.










COVER ALBUM TAKK (2005-2008)

·         Album kelima mereka dirilis tahun 2008 yang berjudul Með suð í eyrum við spilum endalaust yang artinya “With A Buzz in Our Ears We Play Endlessly". Gaya bermusik di album ini agaknya sedikit mengurangi string dan gitar. Para pendengar merasakan di album ini lebih terkesan ke pop dan musik-musik klasik. Dan dialbum ini mereka pertama kali menggunakan judul berbahasa inggris pada track terakhir yang judulnya “All Alright”.






·         Album keenam adalah tahun 2009 dengan judul VALTARI.
Di album ini musik yang dibawakan lebih ambience dari almbum-album sebelumnya. Namun album valtari ini sedikit mengecewakan para pendengar setia bahkan Jonsi sang vokalispun menyatakn album ini terkesan tergesa-gesa karena dikejar deadlined dari pihak rekaman. Mereka juga dirumorkan yang kurang sedap salah satunya adalah pemalsuan.
Album ini adalah album mereka sebelum hiatus atau istirahat sejenak. Kemudian tahun 2013 mereka mengumumkan kembali dari hiatus dan membenahi kesalahn divaltari dengan merilis kompilasi album yang berjudul "Ekki múkk. Lagu "Dauðalogn" dijadikan salah satu soundtrack "The Departed", the season 3 finale of The Vampire Diaries.
Tahun 2012 Georg Hólm mengkonfirmasi akan album baru mereka yang ANTI VALTARI. Lagu pertama yang dibawakan mereka live di Iceland Airwaves festival pada penggarapan anti valtari adalah "Brennisteinn" ('brimstone').








       


     COVER ALBUM VALTARI (2009-2013)

·         Album Ketujuh dirilis tahun 2013 yang berjudul Kveikur
Single pertama yakni "Brennisteinn" yang dirilis pada 14 Juni 2013. Di album ini pendengar merasakan bahwa Sigur Ros kembali ke musik yang rock dan lebih progressive layaknya album-album sebelumnya. Kritik terhadap album ini cukup baik mendapatkan skore 80 dari meta critic.
Sigur ros melengkapi original music dan a rendition dari "The Simpsons Theme", ang juga menjadi cameo untuk The Simpsons episode "The Saga of Carl", yanng disiarkan pada 19 Mei 2013. Sigur ros juga muncul di HBOHBO TV series Game of Thrones episode "The Lion and the Rose" pada 13 April 2014. Mereka meng-cover lagu "The Rains of Castamere", yang direkam oleh The National untuk episode pertama "Blackwater".













            COVER ALBUM KVEIKUR (2013-sekarang)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar